UNTUK PARA PEMBACA BLOG UMMU SUMAYAH MEDICAL CENTER, KARENA SATU DAN LAIN HAL, KAMI TERPAKSA BERMIGRASI DARI BLOG INI KE klinikusmc.blogspot.com ATAS KETIDAKNYAMAN INI KAMI MOHON MAAF YANG SEBESAR BESARNYA

Minggu, 29 Juli 2012

Kuliner saat Ramadhan di Sepanjang wilayah Bojong Gede

Suasana menjelang Ifthar di sebuah kedai lesehan di jalan menuju Pemda Bogor(photo dok.pribadi)
                    

Setiap datang bulan suci Ramadhan, senantiasa memberi keberkahan tidak saja kepada kaum Muslimin, tetapi siapa saja pasti merasakan keberkahan Ramadhan. Bojong Gede, suatu kecamatan yang masuk kabupaten Bogor dan tidak jauh dari pusat pemerintahan Pusat RI,geliat Ramadhan di wilayah ini begitu terasa. Dari Statsiun Citayam hingga statsiun Bojong Gede, setiap sore senantiasa dipenuhi para pedagang yang menyajikan aneka makanan untuk berbuka puasa..



Saya mencoba menyusuri jalan sepanjang jalan Bojong gede, betapa geliat ekonomi pada bulan Ramadhan begitu terasa.Para pedagang makanan untuk ta'jil mewarnai setiap sudut jalan. Ada model angkringan seperti di Jogjakarta, ada juga warung lesehan, warteg dan restoran Padang yang tak pernah sepi pengunjung.

Dari jalan baru Bojong Gede menuju Pemda Bogor, ada soto Bang Arif yang menyajikan aneka hidangan soto sapi, kaki kambing, babat dll.

Bersebelahan dengan warung soto bang Arif, ada warung lesehan yang menyajikan makanan pembuka puasa seperti pisang bakar coklat, roti bakar, wedang jahe. Tersedia juga bebek goreng cabai hijau, ayam bakar dan ikan bakar. Ketika saya ta'jil di warung tersebut, pengunjung terus berdatangan  bahkan melebihi kapasitas  pengunjung.

Demikian juga ketika memasuki ke Perumahan perumahan di wilayah Bojong gede, suasana menjelang sore jalanan dipenuhi para pedagang yang menjual aneka makanan ta'jil. 
Sungguh Ramadhan sangat membawa keberkahan bagi siapa saja. Ini sepenggal cerita Ibu Kadir yang setiap sore berjualan rempeyek.Ramadhan kali ini beliau mencoba berjualan aneka minuman dan makanan untuk ta'jil. Dan Alhamdulillah dagangannya selalu habis. Ibu yang bertempat tinggal di Perumahan Griya Bukit Permata Bojong gede ini, setiap hari saat ramadhan kali ini mampu menjual puluhan lontong isi, bakwan, pepes ikan dan ayam.

Sebqgian masyarakat Bojong Gede ada juga yang mulai disibukan dengan produksi kue kue khas lebaran.
Di wilayah kampung masjid Bojong Gede terkenal dengan penghasil dodol khas Bojong gede, geliat aktifitas pembuatan dodol mulai terlihat, demi memenuhi pesanan yang tidak hanya datang dari bojong Gede dan sekitarnya tetapi juga dari Depok, jakarta dan daerah lainnya.
                        Home indusrti dodol di kampung masjid Bojong Gede Bogor(photo.dok pribadi)
Semoga saja dengan semaraknya geliat ekonomi saat ramadhan, tidak melalaikan masyarakat Bojong Gede dalam beribadah kepada Allah SWT.

Saya mencoba mampir ke sebuah warung lesehan "Wedang jahe" di dekat jembatan Pemda Bogor, hanya sekedar untuk ta'jil...Subhanallah pisang bakar coklatnya enak sekali...ketika sedang menikmati makanan tersebut, seorang pengamen mendendangkan sebuah lagu Iwan Fals.
"Orang pinggiran  bukan pemalas.....
Orang pinggiran pekerja keras...
Orang pinggiran tidak mengeluh...
Orang pinggiran terus melenguh....


29 Juli 2012

Atikah Jabal haq


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

untuk kebaikkan kita bersama silahkan berkomentar secara baik dan sopan