UNTUK PARA PEMBACA BLOG UMMU SUMAYAH MEDICAL CENTER, KARENA SATU DAN LAIN HAL, KAMI TERPAKSA BERMIGRASI DARI BLOG INI KE klinikusmc.blogspot.com ATAS KETIDAKNYAMAN INI KAMI MOHON MAAF YANG SEBESAR BESARNYA

Senin, 04 Juni 2012

WISATA SEHAT KE KOTA GARUT


Pada masa penjajahan Belanda, garut adalah tempat wisata para pejabat Hindia belanda.masih ada tempat tempat yang dulu sering dikunjungi pejabat Hindia Belanda. salah satunya tempat bersejarah yang sering dibicarakan pada seminar seminar di Belanda tentang Garut tempo Doeloe adalah Statsiun Cibatu.

Tercatat dalam sejarah , banyak artis dan pejabat dunia pernah mengujungi garut. Diantaranya charly Chaplin, 

Orang garut selalu menyebut "Garut dilingkung Gunung"
artinya garut adalah suatu tempat yang dikelilingi Gunung. Banyak tempat yang indah untuk berwisata diantaranya, kawah darajat Cipanas, yang menyajikan pemadian air panas dengan panorama alam dan udara yang segar..

Ada juga Situ bagendit, dengan lagenda cerita yang luar biasa dan kawasan yang memiliki ciri khas tersendiri.

menuju ke Perbatasan garut tasik melalui Salawu.ada pekampungan unik yaitu kampung naga.yang masih mempertahankan adat istiadat leluhur dan kearipan lokal.
Memasuki perkampungan ini, kita harus taat pada aturan adat kampung setempat. Seperti tidak boleh mematahkan ranting ranting pohon, tidak boleh berkata sembarangan dll. Ciri khas kampung naga, semua rumah di kampung naga beratap ijuk.

berpose di sepanjang jalan sentra kerajinan jaket kulit

sentra wisata belanja,ada di kota Garut.diantaranya sentra industri dodol dengan berbagai varian, cokodot(coklat dodol garut) dan sentra industri kerajinan jaket kulit.

Wisata kulener juga banyak. dengan ciri khas masing masing. diantaranya Es goyobod,tahu hot jeletot dan berbagai masakan sunda yang sungguh menggugah selera.

wilujeung sumping di kota garut pangirutan,nu bade leleson, nu bade wisata, atanapi nu bade kuliner. alamna nu mencrang, wargina nu sumeah...wilujeung patepang di garut.

by : Atikah Jabal Haq
putri asgar berseroja(putri asal garut bersuamikan orang Jogja)

4 komentar:

  1. Ke garut waktu itu pernah sekedar lewat saja waktu mudik ke yogya,....karena macet dibuang ke garut. Sayangnya menikmati perjalanannnya malam hari, jadi ngga kelihatan panorama garut yang indah. jadi pengin ke garut.....

    BalasHapus
  2. wilujeung sumping di garut,bunda ririn......wilujeung pateupang sareng kota nu endah di lingkung gunung....

    BalasHapus
  3. kulo mboten saged boso sunda....he he

    BalasHapus
  4. mangga atuh didu'akeun ku abdi...mugi bunda kenging minantu urang garut... soleh....,bageur kasep....sok bunda ririn bakalan tiasa bahasa sunda...

    BalasHapus

untuk kebaikkan kita bersama silahkan berkomentar secara baik dan sopan