UNTUK PARA PEMBACA BLOG UMMU SUMAYAH MEDICAL CENTER, KARENA SATU DAN LAIN HAL, KAMI TERPAKSA BERMIGRASI DARI BLOG INI KE klinikusmc.blogspot.com ATAS KETIDAKNYAMAN INI KAMI MOHON MAAF YANG SEBESAR BESARNYA

Rabu, 06 Juni 2012

Raja ampat yang memikat, sarang semut yang berkhasiat....mari kita ke Papua

Pulau raja Ampat.

Tulisan ini adalah sedikit dari catatan perjalanan kekasih  ke berbagai tempat. Kali ini mencoba mnampilkan catatan perjalanan ke propinsi di Indonesia paling timur yaitu Papua.Pegunungan yang menawan dan pulau pulaunya yang eksotik. Salah satunya Pulau Raja Ampat.


Masyarakat raja Ampat umumnya nelayan tradisional yang berdiam diam di pulau pulau kecil. yang letaknya berjauhan dan berbeda pulau.Mereka adalah masyarakat yang ramah dan penuh persaudaraan.Dan sangat ramah ketika menerima tamu dari luar.Apalagi kalau kita sebagai tamu membawa oleh oleh berupa pinang natau permen.Barang ini semacam"pipa perdamaian indian" di Raja Ampat.Acara mengobrol dengan makan pinang disebut"para para pinang.sering kali saling melempar cerita cerita lucu.Masyarakat Raja Ampat terdiri dari pemeluk Islam dan Kristen, tetapi mereka hidup rukun satu sama lain.Alam Raja Ampat yang indah dengan pantainya yang menawan, seringkali dijadikan tempat wisata penyelaman. Dan merupakan tempat diving sepuluh terbaik di dunia.Dan merupakan nomor satu bagi keindahan flora dan fauna bawah air pada saat ini. Raja Ampat terletak diujung paling barat pulau papua.Sekitar limapuluh mil sebelah barat laut Sorong.

Banyak sekali tempat tempat yang indah di papua, selain Raja Ampat , ada Danau Sentani. Di danau ini ada keheningan dan aneka macam budaya masyarakat papua di sana.. Terletak dekat Jaya Pura.Danau ini merangkul pegunungan cyclops di sebelah utara dan menjadi tempazt tinggal bagi 24 desa yangf bertengger di sekitar danau.

Dari bukit makatur, danau sentani berkilau sangat indah.Danau yang biru dipadu dengan warna hijau dari jajaran pegunungan cyclops, menjadikan suasana hening tanpa batas.
masyarakat di sekitar danau sentani adalah masyarakat yang sangat ramah.danau ini sangat ramah bagi 33 jnis ikan salah satunya adalah ikan gergaji.Pesona danau sentani, akan membuat anda ingin kembali ke Papua.

Buah merah


Hutan hutan di Papua menyimpan aneka tanaman herba yang luar biasa diantaranya
buah merah, rumput kebar
 untuk menyuburkan kandungan. memang belum ada uji klinis, namun banyak orang percaya kalau buah tersebut dan rumput kebar mampu meningkatkan kesuburan wanita


 Sejak dahulu khasiat sarang semut papua ini telah dimanfaatkan oleh masyarakat pedalaman Papua sebagai obat. Umbi sarang semut adalah sejenis tumbuhan yang tumbuhnya menempel pada tumbuhan lain.yang bentuknya tak beraturan, dimana di dalamnya terdapat rongga rongga tempat berlalu lalangnya semut.

Tumbuhan ini banyak dijumpai di pedalaman Papua dengan jenis semut hutan yang berbeda dengan jenis semut pada umumnya.. Sarang semut papu telah terbukti mengandung senyawa aktif anti kanker.. Dimana dalam sarang semut tersebut terkandung air liur semut yang mengandung zat antibodi untuk mencegah dan mengobati berbagai penyakit yang sering dialami manusia.


Indahnya alam papua. membuat setiap orang yang sudah ke tanah Papua, ingin kembali ke Papua.....





Catatan perjalanan : drs.Dedy Oktarinto MA
ditulis kembali oleh: S.Atikah jabal Haq, S.Ag.M.Tn
ditambah dari berbagai sumber terpercaya.

3 komentar:

  1. nantikan posting artikel selanjutnya:

    sansam, herba dahsyat dari hutan Korea
    (catatan perjalanan sang pembelajar)

    by:atikah jabal haq

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. bahagia sekali.....indahnya indonesiaku....

    BalasHapus

untuk kebaikkan kita bersama silahkan berkomentar secara baik dan sopan